Announcement

Collapse
No announcement yet.

Gimane nyari nada yg jadi penghubung dari chord satu ke chord selanjutnye?

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Gimane nyari nada yg jadi penghubung dari chord satu ke chord selanjutnye?

    pusing nih, ampe sekarang blom dapet2..
    gue lagi bikin lagu, di salah satu interludenya ada progresi chord :

    A#min7 - Cmin7 - C#min7 - Bmin7 - A#min7 - Amaj7

    gimane ye bikin alur melodinye biar ngalirnye enak?
    bantuin donk..
    si troy, itu aja

  • #2
    Originally posted by si troy View Post
    pusing nih, ampe sekarang blom dapet2..
    gue lagi bikin lagu, di salah satu interludenya ada progresi chord :

    A#min7 - Cmin7 - C#min7 - Bmin7 - A#min7 - Amaj7

    gimane ye bikin alur melodinye biar ngalirnye enak?
    bantuin donk..
    Mengutip dari Lesson Modes yang aku buat

    Mayor 7 (I&IV) Modes yang dapat digunakan adalah Ionian dan Lydian
    Minor 7 (II, III, VI) Modes yang dapat digunakan adalah Dorian, Phrygian, &
    Aeolian
    Dominant 7 (V) Modes yang dapat digunakan adalah Mixolydian
    Minor 7 (b5) Modes yang dapat digunakan adalah Locrian

    Coba aja eksperiman troy. Maaf yah baru sempet balesin
    Yesterday is history tomorrow is mystery, today is a gift thatís why we call it present

    Comment


    • #3
      Passing tone

      kalo ngomongin melody, melodi itu kan terbentuk salah satunya dari ritme, jadi ritmenya udah pasti disusun juga, gak asal-asalan.

      kalo soal pitch/nadanya, dalam harmony ada yang namanya non-harmonic tone, alias nada yang muncul tapi diluar achord yang digunakan.
      kalo umumnya, pada ketukan/not kuat harus menggunakan nada dalam akor/harmonic tone, sedangkan kebalikannya kalo mau masukin non-harmonic tone harus di ketukan lemah, walaupun kalo secara spesifik ini tergantung konsep.



      Hope this help
      Bless You
      ~ Courageous ~

      "I thank Thee and praise Thee,
      O thou God of my fathers,
      who hast given me wisdom and might"

      Daniel 2:23

      Comment


      • #4
        kenapa a kalo bikin lagu kok pada dari rythm duluan. gw pribadi melody-nya dulu(nada vocalnya dulu) baru mikirin ini ngiringinya gimana, chord2nya apa aja.

        Comment


        • #5
          rhytme

          Originally posted by Yie Ezra View Post
          kenapa a kalo bikin lagu kok pada dari rythm duluan. gw pribadi melody-nya dulu(nada vocalnya dulu) baru mikirin ini ngiringinya gimana, chord2nya apa aja.
          he he, kayaknya kita agak kurang nyambung nih,
          rythme itu bukan iringan, iringan itu accompanyment;
          rythme itu ritme = variasi nilai not.

          misalnya: melodi Twikle2 Little Star:
          Do Do Sol Sol La La Sol....
          ritmenya:
          1/4 1/4 1/4 1/4 1/4 1/4 1/2....

          maksudnya nentuin ritmenya dulu, tentuin ada berapa banyak not, trus notnya bernilai berapa/panjang notnya berapa; kalo udah tau baru di posisikan di pitch apa gitu.




          Hope this Help
          Bless You
          ~ Courageous ~

          "I thank Thee and praise Thee,
          O thou God of my fathers,
          who hast given me wisdom and might"

          Daniel 2:23

          Comment


          • #6
            Nada yang jd penghubung yah?? Hmmm rumit juga seeh. Harus belajar harmoni tonal dulu tp biar gampangnya gini, dalam membuat melodi dalam progresi akor yang udah terlajur kebikin duluan, gw setuju sama yang dibilang bung n-rue, tp nih dalam masukin nada2nya, ada yang disebut dengan not lintas bertekanan dan tidak bertekanan, changing not, antisipasi, suspensi, nah untuk penjelasannya lebih lanjut saya serahkan ke bung n-rue aja. Gw lagi males ngetik! Kwekkwek.
            I can teach jazz piano.

            For information, please note me at vikimusik@gmail.com and you can also add my fb too..

            Gbu all.

            Comment


            • #7
              wah ternyata dah banyak yg jawab.. hehehe tengkyu yah temen2

              @owen
              iya wen gue dah coba kombinasiin modes2 itu, tapi masih kurang nyambung masih ngulik lagi supaya nyambungnya lebih manis

              @yie ezra
              mungkin maksud lo bikin melodi trus cari chord ritemnya ya kalo gue tebalik yie, soalnye buat gue progresi ritem itu yg nantinye ngebawa mood buat bikin melodi misalnye aje.. scale G major bakal terasa beda di chord G dengan di chord Am7 hehehe..

              @viki & n-rue
              not bertekanan & tdk bertekanan gue sering denger tapi bingung praktekinnye, kasi contoh dong
              si troy, itu aja

              Comment


              • #8
                Not bertekanan.

                Originally posted by Viki_musik View Post
                not bertekanan & tdk bertekanan gue sering denger tapi bingung praktekinnye, kasi contoh dong
                Dalam beat musik/ketukan yang tersirat dalam time signature terdapat ketukan kuat dan lemah (kalo gak salah istilahnya arsis dan thesis)

                contoh yang paling umum, misalnya ada not 1/16 16 biji yang juga ber-tiang dan ber-bendera 2 (biar gak diskriminasi sam biji), kita pake time 4/4 aja biar gampang. Berarti setiap ketuk (yang satu ketuknya bernilai 1/4) terdapat 1/16 not. Coba aja main not ini dengan tepuk tangan, secara gak sadar pasti ada aksen-nya yang umumnya adalah pada not pertama setiap ketukan, jadi:
                1 2 3 4
                > > > >
                | oooo oooo oooo oooo |

                nah, itu adalah ketukan kuat secara detail yang umumterjadi di Time signature apa pun, tapi diluar itu ada lagi ketukan kuat yang tergantung dari Time-nya.
                ini yang akan menjawab pertanyaan: Apa bedanya 3/4 dengan 6/8?

                bedanya pada kecenderungan ketukan kuat dan lemah yang ditimbulkan.
                dalam kasus 3/4 dan 3/8:
                3/4 birama yang terdiri dari 3 ketuk yang masing2 bernilai 1/4;
                6/8 birama yang terdiri dari 2 ktuk yang masing2 bernilai 3/8;

                # 3/4
                1 2 3
                > > >
                | o o o o o o |

                # 6/8
                1 2
                > >
                | o o o o o o |

                n.b: o = 1/8.

                Sedangkan pada ketukan yang otomatis bertekanan itu, masih ada perbedaan kekuatan:
                4/4 ketukan paling kuat pada ketukan 1, kemudian 3, 2 terakhir 4;
                3/4 (waltz) paling kuat 1, 2 terakhir 3;
                6/8 1 kuat, 2 lemah;
                12/8 yang terdiri dari 4 ketuk jadi sama sepeti 4/4, etc.



                Hope this help
                Bless You
                ~ Courageous ~

                "I thank Thee and praise Thee,
                O thou God of my fathers,
                who hast given me wisdom and might"

                Daniel 2:23

                Comment


                • #9
                  sip.. so far ngerti mas
                  praktekin dulu ah..
                  thanx ya..
                  si troy, itu aja

                  Comment


                  • #10
                    Originally posted by N-Rue 7 View Post
                    Dalam beat musik/ketukan yang tersirat dalam time signature terdapat ketukan kuat dan lemah (kalo gak salah istilahnya arsis dan thesis)

                    Hope this help
                    Bless You
                    Gue suka banget lesson ini thanks !
                    For Those Who About To Be Rocker Yang Budiman
                    We Salute You ! \m/

                    Happy Groovy Rhythm and Melodious Solo

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by adam View Post
                      Gue suka banget lesson ini thanks !
                      sekarang aje bilang suka..
                      kemaren2 ngompakin anak2 buat nyuekin nih thread
                      si troy, itu aja

                      Comment


                      • #12
                        Tapi klo gw sendiri lebih setuju klo dalam pengaplikasian not lintas dalam menghubungkan dua akor harus lebih ditinjau dari sudut harmoninya juga, bukan hanya tinjauan ritmisnya aja. Misalnya dari tonika ke subdominan, melalui serangkaian nada tertentu untuk mencapai "nada tujuan" (istilahnya apoggiatura).

                        Klo not lintas bertekanan dan ga bertekanan yang gw maksud adalah begini, misalkan ada rangkaian nada yg membentuk melodi seperti ini : c'-d'-e'-f'-g'-b-c'. Nah klo kita meletakkan akor Cmayor pada nada c',akor Fmayor pada nada e', dan nada G mayor pada nada b', maka yang disebut not lintas tidak bertekanan adalah c' dan b', sedangkan yang disebut not lintas bertekanan adalah e'. Kenapa demikian?

                        Karena nada e' adalah not yang bukan relasi akor F mayor terdapat dalam tesis akor tersebut, not c' adalah not yang relasi dengan C mayor, dan b adalah not yang relasi dengan G mayor. Jadi yang harus diamati adalah "tendency" atau "intendency" dalam struktur jaringan harmoni dan melodi baik secara vertikal maupun horizontal. Nah lo pada bingung ga nih?

                        Coba bung n-rue jelasin lagi donk dengan bahasa yg lebih mudah dimengerti, gw rada bingung juga ngejelasinnya nih.
                        I can teach jazz piano.

                        For information, please note me at vikimusik@gmail.com and you can also add my fb too..

                        Gbu all.

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by Viki_musik
                          Tapi klo gw sendiri lebih setuju klo dalam pengaplikasian not lintas dalam menghubungkan dua akor harus lebih ditinjau dari sudut harmoninya juga, bukan hanya tinjauan ritmisnya aja. Misalnya dari tonika ke subdominan, melalui serangkaian nada tertentu untuk mencapai "nada tujuan" (istilahnya apoggiatura).

                          Klo not lintas bertekanan dan ga bertekanan yang gw maksud adalah begini, misalkan ada rangkaian nada yg membentuk melodi seperti ini : c'-d'-e'-f'-g'-b-c'. Nah klo kita meletakkan akor Cmayor pada nada c',akor Fmayor pada nada e', dan nada G mayor pada nada b', maka yang disebut not lintas tidak bertekanan adalah c' dan b', sedangkan yang disebut not lintas bertekanan adalah e'. Kenapa demikian?

                          Karena nada e' adalah not yang bukan relasi akor F mayor terdapat dalam tesis akor tersebut, not c' adalah not yang relasi dengan C mayor, dan b adalah not yang relasi dengan G mayor. Jadi yang harus diamati adalah "tendency" atau "intendency" dalam struktur jaringan harmoni dan melodi baik secara vertikal maupun horizontal. Nah lo pada bingung ga nih?

                          Coba bung n-rue jelasin lagi donk dengan bahasa yg lebih mudah dimengerti, gw rada bingung juga ngejelasinnya nih.
                          Tinjauan secara harmoni jelas perlu, secara judulnya nada hias / non-harmonic tone, nada di luar harmoni, tapi kalo fungsi/penamaan nada hias itu berbicara mengenai posisinya terhadap ketukan kuat/lemah, yang otomatis juga berbicara mengenai ritme, karena ketukan kuat berbeda-beda pada tanda birama yang berbeda juga, memang agak sulit dijelaskan hanya dengan tulisan di sini, lebih enak ketemu langsung jadi bisa ditulis notnya diatas garis birama, soalya kalo kayak gini, buju buset ribetnya, musti dibayangin dulu...
                          Kalo gak penjelasan beserta tulisan not ditulis di kertas yang kemudan di-scan atau tulis pake program penulisan musik trus filenya di-upload di forum ini, bisa gak yah upload file di sini?



                          Hope This Help
                          Bless You
                          ~ Courageous ~

                          "I thank Thee and praise Thee,
                          O thou God of my fathers,
                          who hast given me wisdom and might"

                          Daniel 2:23

                          Comment


                          • #14
                            Wakakakakakakaka, itulah dia permasalahannya bung!! Setuju! Emang harus dijelasin via garis paranada. Tanpa dia, yang pusing adalah yang mencoba ngejelasinnya, bukan begitu bung?
                            I can teach jazz piano.

                            For information, please note me at vikimusik@gmail.com and you can also add my fb too..

                            Gbu all.

                            Comment


                            • #15
                              not lintas bertekanan dan tidak bertekanan, changing not, antisipasi, suspensi,tendency,intendency....

                              mas........ minta dasar teori kosakata istilah musik diatas donk..........
                              sekalian juga YM lu donk mas viki

                              Comment

                              Working...
                              X