Announcement

Collapse
No announcement yet.

Lesson 1 : Posisi Dasar Bermain Gitar

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Lesson 1 : Posisi Dasar Bermain Gitar

    oleh : Royke B. Koapaha


    http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1a.jpg


    Posisi Badan
    1. Kenapa musti duduk?
      Main solo gitar klasik pada dasarnya memainkan melodi, iringan dan bas sekaligus. Duduk merupakan posisi yang lebih mudah dan kokoh daripada sambil berdiri. Kalo bisa main sambil berdiri sebenernya engga masalah, tapi sementara ini belum ada yang bisa membuktikan resital 2 jam berdiri sambil main solo gitar klasik.
    2. Kenapa gitar disangga kaki kiri?
      Ini biar kokoh aja. Bagian bawah bodi gitar disangga kaki kiri, bagian atas bodi gitar disangga lengan. Dengan begini posisi jadi lebih kokoh daripada bodi gitar disangga kaki kanan. Tangan kiri jadi lebih leluasa gerak. Ini engga mutlak juga, ada gitaris klasik yang menyangga pakai kaki kanan, tapi sangat jarang. Paling-paling kita bisa lakukan kalo main lagu-lagu yang mudah. Kalo lagunya sudah sulit, sepertinya sulit kalo nyangganya pake kaki kanan.
    3. Kenapa disangga footstool (injakan kaki)?
      Biar gha merosot aja gitarnya, juga ngepasin jari biar enak waktu main. Kalo misalnya posisi lengan,jari, badan dan duduk rasanya udah ngepas, walaupun ga pake footstool juga sebenernya ga apa. Jaman dulu gitarnya ada yang disangga meja, ada yang pake tripod, ada yang pake bantal, sekarang juga orang mulai ngembangin macem-macem selain footstool.


      http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1b.jpg

      Contoh gitaris Aguado yang pake tripodion

    4. Posisi gitar enakan ditaruh miring, atau lurus?
      Ini jawabannya relatif, dua-duanya bisa. Gitaris-gitaris Jerman banyak yang head gitar sejajar kepala pemain, bahkan lebih tinggi. Jadi waktu main kepala rada mendongak kalo liat finger board, untuk tampilan jadi lebih gagah. Gitaris-gitaris Inggris (terutama jaman dulu) relatif pake posisi yang lurus, atau paling tidak head ga lebih tinggi dari posisi kepala pemain. Masing-masing posisi ada keuntungan dan kelemahannya, tinggal kita cocok yang mana.



      http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1c.jpg

    5. Banyak yang bilang jempol jari kiri jangan sampe keliatan dari depan?
      Ini ga harus. Kasian yang jempolnya panjang. Sebenernya intinya ialah lengan harus ngegantung serilek mungkin atau dibiarin jatuh secara wajar aja. Cara yang gampang, pegang neck, lemesin lengan, turunin jari ke fingerboard. Nah ini posisi yang wajar. Biasanya secara otomatis jempol jadi gha keliatan dari depan, jadi bukan disengaja disembunyikan.


      http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1d.jpg

    6. Kalo untuk posisi lengan kanan?
      Intinya, pundak harus enak/rileks, lengan kalo perlu bisa gerak dengan bebas. Posisi tangan ga persisi di depan sound hole, tapi rada di sampingnya. Selain ga nutupin suara yang keluar, juga suaranya lebih terang. Nah, ngepasin ini yang harus dicari-cari terus sampe enak. Masalah yang sering kejadian waktu tangan udah persis di samping sound hole , karena misalnya aja lengannya rada panjang, pundak jadi kedorong naik. Akhirnya mainnya ga rileks dan jadi gampang cape dan tegang. Akhirnya ngerembet kepermainan yang ga maksimal. Cara praktis cari posisi, pertama, angkat lengan sejajar lantai, lalu lemesin tangan, dan terakhir putar pergelangan tangan sehingga posisi jari menyentuh senar. Sudah tentu ini hanya salah satu metode dari sekian banyak yang ada.




    http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1e.jpg


    Posisi Tangan Kiri
    1. Kalo bisa posisi jempol kalo ditarik garis lurus posisinya di tengah. Ini yang paling natural. Untuk buktiinnya, coba aja genggamkan tangan, secara otomatis jempol pasti letaknya di tengah; atau coba genggam sapu, gitar atau apa aja., nanti kan jempol langsung ngambil posisi di tengah tanpa kita sadari.


      http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1f.jpg

    2. Coba untuk melakukan gerakan yang se-ekonomis mungkin, maksudnya gerakan jari jangan jauh-jauh (ini bukan hanya untuk gitaris klasik). Dengan begini kita bisa lebih hemat enerji juga kontak jari dengan senar jadi lebih deket. Jadi hal ini bukan sekedar untuk kerapihan tampilan seperti alasan banyak gitaris.
      Kalo bisa bentuk jari waktu menekan senar engga lurus, tapi agak melengkung sedikit. Dengan begini tenaga lebih besar. Untuk ngetesnya, coba aja kita teken meja, atau apa saja, coba dengan jari yang lurus dan dengan jari yang agak melengkung. Ntar kan bisa dirasain bedanya.




    Posisi Tangan Kanan
    1. Pergelangan tangan kalo bisa gha membentuk sudut yang patah, baik kesamping maupun de dalam. Ini hanya masalah kesehatan aja dimana aliran darah jadi kurang lancar. Kalo tahunan begitu terus, akibatnya bisa kerasa.


      http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1g.jpg

      Kurang sehat dan bikin tensi yang ga perlu


      http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1h.jpg

      lebih baik tanpa sudut yang terlalu patah


    2. Gerakan jari pada umumnya dari pangkal tangan untuk gitaris klasik. Kalo gitaris flamenco banyak yang dari ruas tengah jari. Usahain supaya bentuk jari sedikit melengkung.
    3. Jempol kalo dilihat dari depan, ada di dalam tangan atau di luar tangan? Gitaris modern rata-rata diluar tangan, gitaris-gitaris jaman dulu banyak yang posisinya di dalam tangan. Sebenernya ini relatif sekali. Dulu-dulunya gitaris main dengan posisi jempol di dalam, lalu bergeser jadi diluar tangan. Konon hal ini antara lain karena para pelukis jaman dulu yang mengeluh bahwa ga asik ngelukis tangan kanan orang lagi main gitar karena jempolnya gh keliatan...



    http://gitaris.com/images/lessonklasik/lesson1i.jpg




    Catatan :
    Tidak ada satu metode yang cocok dengan seseorang secara
    100%. Mitos-mitos “harus” begini atau begitu tanpa alasan
    yang jelas kurang bagus. Metode yang baik sebaiknya menawarkan
    alternatif-alternatif kemungkinan.
    Apapun kita sebaiknya tidak sekedar meniru orang lain
    untuk posisi bermain gitar. Bagaimanapun tidak ada dua orang yang
    punya anatomi yang sama betul, baik dari ukuran maupun kemapuannya, walaupun dia guru kita sekalipun.
    Pada akhirnya sebaiknya setiap orang mencari
    kemungkinan posisi yang paling cocok untuk dirinya.
    Kuncinya: Posisi bermain harus alami, economic movement dan hindari tensi otot
    yang tidak di perlukan.
    .
    Buat teman2 yang berdomisili di wilayah DI Yogyakarta,
    silakan bergabung di sini : http://musisi.com/showthread.php?t=5608

  • #2
    ini ada lesson dari mas Royke......

    segala sesuatunya harus dimulai dari dasar.....
    thanx banget buat mas Royke.......

    nantikan lesson2 berikutnya dari beliau
    .
    Buat teman2 yang berdomisili di wilayah DI Yogyakarta,
    silakan bergabung di sini : http://musisi.com/showthread.php?t=5608

    Comment


    • #3
      salam kenal mas royke...wah akhirnya datang jg mentor kita smua,..makasi ya mas udh mau bimbing kita2 buat sharing ilmunya, lesson berikutnya udh ga sabar neh..ditunggu bgt, thanks a lot !!

      Comment


      • #4
        wah keren banget lesson nya. trims pak Royke. (eh manggilnya gimana ya? 'pak' apa 'mas' apa 'bung'?)

        Comment


        • #5
          Terimakasih banyak mas Royke.
          Beliau guru besar di ISI, guru dari guru2 yang kesebar diseluruh Indo . Bagus banget ini info basic yang penting untuk diketahui oleh kita. yuk ditunggu lagi Info2 selanjutnya!
          Ponco.
          http://www.facebook.com/pages/Ponco-Satrio/109795743480?v=wall&viewas=44014110

          Comment


          • #6
            Suhu yg kita tunggu2 akhirnya muncul juga, lega deh
            Acoustic Fever......
            ================================
            Gebyar Asriningardhi.....love u so much....

            Comment


            • #7
              Buat yang orang Bandung, Jumat, tanggal 28 Juli beliau bakalan tampil di acara gitar klasik fiesta di auditorium CCF. Yang luar kota jg boleh kok
              Salam kenal semuanyaa....

              Comment


              • #8
                Originally posted by Ponco Satrio
                Terimakasih banyak mas Royke.
                Beliau guru besar di ISI, guru dari guru2 yang kesebar diseluruh Indo . Bagus banget ini info basic yang penting untuk diketahui oleh kita. yuk ditunggu lagi Info2 selanjutnya!
                Ponco.
                wah kalau gitu manggilnya musti Profesor dong.

                Comment


                • #9
                  Originally posted by luckman
                  Buat yang orang Bandung, Jumat, tanggal 28 Juli beliau bakalan tampil di acara gitar klasik fiesta di auditorium CCF. Yang luar kota jg boleh kok
                  nah..... emang beliau sering maen keluar kota, seminggu sekali bolak-balik Jogja-Bandung....
                  .
                  Buat teman2 yang berdomisili di wilayah DI Yogyakarta,
                  silakan bergabung di sini : http://musisi.com/showthread.php?t=5608

                  Comment


                  • #10
                    Waduh mas Ponco,,jadi pengen malu neeh..pokoknya untuk temen2 semua,di forum ini kita blajar bareng2 aja hehe,,banyak hal yg sy jg blom tau..apa lagi flamenco hehe...apapun 'tidak ada kekasih dewata tanpa latihan' (dan sy dah kurang latihan krn sibuk, wah jd buka kartu neeh..hehe...).'Met kenal untuk semua ya..

                    Comment


                    • #11
                      Betul kok mas Royke ini emang guru besar ISI, jadi satu kehormatan kalo beliau bersedia meluangkan waktunya untuk kita2 ini. Saya nih banyak mendengar tentang beliau ini baik dari temen2 maupun dari guru2 saya. mungkin mas Royke kenal Mas HarsaWibawa, beliau juga alumni ISI.
                      mas Harsa guru saya tentang literature dan wawasan musik klasik dan kontemporer di IKJ. oh ya kakak sepupu saya Hendro juga anak ISI mungkin dia mantan murid mas Royke, dan banyak temen2 baik saya lainnya di ISI .
                      wassalam.
                      Ponco.
                      http://www.facebook.com/pages/Ponco-Satrio/109795743480?v=wall&viewas=44014110

                      Comment


                      • #12
                        Trimakasih banyak buat tutorialnya master Guitar Classic kita..Pak Royke..

                        Saya tunggu kelanjutan Lessonnya....
                        Saya pengen belajar gitar klasik nih...
                        Mari kita dukung Pak Royke..
                        Trimakasih Banyak...
                        Maen gitar Buatku senang....yang penting Jrankk..jrenkk...

                        Comment


                        • #13
                          Pak Royke makasi banget ya dasar2nya.. untuk yang posisi pergelangan jgn membentuk sudut patah... itu saya lagi menjurus ke patah tuh .. untung dikasih tau

                          waktu main di RRI tahun 2004 juga keren banget.. paling ekpresif dari yang lain waktu itu.. pas bawain lagu ndiri juga kalo ga salah, Amy ya judulnya .. top deh..

                          cuman seorang gitaris yg kebalik mainnya..

                          Comment


                          • #14
                            saya bingung kok bahu sebelah kiri saya pegel banget ya, apa emang kaya gitu pas pertama2 atau emang ada kesalahan?
                            are you lonesome... tonight....
                            do you miss me..... tonight....

                            Comment


                            • #15
                              Posisi ternyaman.

                              Thanx berat buat informasinya. Saya mau tanya sedikit. Kalau saya lebih nyaman bermain dengan posisi gitar di paha kanan dan head gitar cenderung datar. Apakah ini salah?

                              Kemudian posisi jempol, misalnya kita bermain di fret 1, 2, atau 3. Supaya nyaman, jempol saya berada di antar fret 2 (minimal) dan fret 3 - karena saat menekan fret, jarak antara jari tengah (m) dan jari manis (a) sangat dekat. That way saya dapat menekan senar di fret 2 dan 3 dengan sempurna. Apakah ini tidak menyalahi pakem yang ada atau cuma mitos semata? Karena katanya (-nya siapa? ) jempol harus berada di fret 2.

                              Yang terakhir. Bagaimana caranya melatih cara berpikir kita (mungkin lebih tepat kerja otak kiri) supaya dapat dengan cepat mengartikan tanda-tanda di partitur dan jari pun cepat mengaplikasikannya? Karena meskipun saya sudah mengerti, misalnya, not yang ada di garis paranada tertentu, tapi saat bermain saya cenderung banyak berpikir untuk menerjemahkannya ketimbang jari saya menari-nari. Demikian. Thanx sebelumnya.
                              Jodoh di tangan Tuhan, dan sepertinya saya berjodoh dengan gitar.

                              Comment

                              Working...
                              X