Announcement

Collapse
No announcement yet.

Puisi Berbahasa Jawa "Geguritan"

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Puisi Berbahasa Jawa "Geguritan"

    Geguritan bila dalam bhs indonesia berarti puisi. Puisi dalam bhs yunani kuno umum dipakai untuk kwalitas estetiknya sebagai penambahan atau mempunyai makna semantik. Penekanan pada estetik bhs serta pengunaan berniat pengulangan, mtr. serta rima adalah sebagai pembeda pada puisi serta prosa. Namun ketidaksamaan itu masih tetap dalam perbincangan, pandangan golongan pemula umumnya membedakan puisi serta prosa dari jumlah huruf serta kalimat dalam karya itu.

    Ketidaksamaanya adalah puisi lebih singkat serta padat, tetapi sedang prosa lebih mengalir seperti mengungkapkan satu narasi. Sebagian pakar moderen memiliki pendekatan dengan pendefinisian puisi tak sebagai type literatur, tetapi jadikan sebagai perwujudan imajinasi maunusia yang jadikan sumber semua kreatifitas. Bukan sekedar itu puisi juga yaitu curahan dari isi hati sesorang yang membawakannya untuk mengajak audience masuk dalam kondisi hatinya.

    Setiap baris puisi berupa apa sajakah baik, melingkar ataupun zigzag. Hal itu adalah satu diantara langkah penulis untuk memberikan isi fikiran serta hatinya. Puisi juga terkadang juga cuma diisi satu suku kata yang diulang-ulang. Untuk beberapa pembaca hal itu bikin puisi jadi sulit dipahami, tetapi penulis tentu memiliki argumen untuk semua keanehan yang ia buat. Tidak ada batasan untuk penulis untuk membuat satu puisi. Ada banyak ketidaksamaan pada puisi lama serta dan puisi baru.

    Tetapi sebagian masalah tentang puisi moderen atau cyber puisi belakangan ini semakin memprihatinkan bila diliat dari pokok serta aturan puisi tersebut adalah pemadatan kata. Biasanya penyair saat ini yang aktif baik pemula maupun senior lebih mementingkan style bhs tak akan konsentrasi pada pokok dari puisi. Puisi juga umumnya diselipkan majas yang jadikan puisi itu semkain indah. Majas itu juga ada banyak jenis, salah satunya yaitu sarkasme yakni sindiran segera dengan cara kasar. Banyak daerah di Indonesia puisi juga dinyanyikan berbentuk pantun. Tetapi mereka malas atau tidak ingin untuk lihat aturan awal puisi itu.



    Contoh Geguritan
    Tersebut kumpulan-kumpulan contoh geguritan bhs jawa dari berbagai macam topik yang bisa anda lantunkan, atau dapat pula sebagai referensi anda untuk memproses penulisan geguritan.
    Contoh geguritan tersebut bisa di ambil dari beragam sumber, untuk kamu yang memiliki karya sastra tulisan geguritan serta menginginkan di baca oleh beberapa ribu pengunjung. Anda dapat kirimnya lewat Kontak kami yang nanti bakal dimuat di halaman ini.

    CONTOH GEGURITAN TEMA PENDIDIKAN

    Besok awan wengi saya sinau
    Kanggo nentoake cita-citaku
    sedurung turu kula sinau
    tangi turu kula nggih sinau

    kula sinau sedina-dina
    Nggo nyenengake wong tuwa
    Ingkang sampun ndonga’aken kula
    Supados nggapai cita – cita

    Oooh… gusti
    Paringana rido awak kula
    Supados kula saged bakti negri
    Adohana kulo karena sangat godaan setan

    Oooh. . gusti
    Paringana kesametan wong tuwa kula
    lan paringana kesehatan wong tuwa kulo
    supados saged mriksani kulo sukses

    Oleh : Dyan Metri Oktavianto

    Sumber : Geguritan Tema Pendidikan
Working...
X