Announcement

Collapse
No announcement yet.

Jalan kesembuhan saya dari Focal Dystonia

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Jalan kesembuhan saya dari Focal Dystonia

    Halo temen2,
    Saya mau informasikan nih, bahwa alhamdulillah sekarang cidera jari yang saya alami (Focal Dystonia) akhirnya menemui titik terang menuju kesembuhan. Saat ini saya dapat bermain bass secara sehat dengan kondisi tangan 80% walaupun belum dapat maen dalam waktu lama dan belum sembuh 100%. Terimakasih atas semua dukungan dari teman2!
    Oh ya, berhubungan dengan ini, saya mau memberitahu suatu hal kecil yang mungkin berguna buat temen2:
    Sebagai penderita FD saya banyak belajar tentang ketenangan dan rileks dalam bermain. OK, kita memang harus latihan bass. Semua bassist berharap jari2 nya kuat. Tapi tolong diingat, ketika latihan ataupun main bass, kita harus bermain secara fleksibel, artinya rileks, tanpa adanya unsur paksaan atau ketegangan pada jari. Kita bermain seperti halnya mengikuti arus air yang mengalir. Boleh maen secepat apapun, boleh maen sekuat apapun, dengan catatan di balik itu kita dan jari kita tetep harus rileks dan nyaman, jangan sekali-kali bermain dengan ketegangan, apalagi paksaan.
    Informasi ini saya sampaikan agar temen2 semua dapat menghindari resiko terkena Focal Dystonia. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Hehehe...
    Sekali lagi terimakasih ya atas dukungan dan do'a dari temen2 semua. Insya Allah kalo saya diijinkan sembuh, saya akan mulai rekaman album solo. Do'ain ya!
    OK, maju terus bassist Indonesia and Keep Rockin' All!!!
    All my best,
    M. Hendy A.
    Keep Rockin'.

    www.facebook.com/muhammadhendyanggawijaya

  • #2
    Thanks God Mas Hendy udah bisa main bass dgn normal lagi. Tenang aja mas, saya yakin pasti dikasih jalan buat sembuh kok

    Ditunggu albumnya
    Basses:

    Terry Romario Mailloux 70s Jazz Bass Signature

    Amps:

    MarkBass Little Mark 2
    TC Electronics Rebel Stack 212

    Pedals:

    EBS MultiComp
    EBS OctaBass



    Mailloux Basses Endorsee.

    www.youtube.com/terrykumar
    www.maillouxbasses.com

    Comment


    • #3
      mantab!!!

      www.youtube.com/jakartajam
      www.myspace.com/radyaband
      www.myspace.com/bandnol
      www.youtube.com/masbeni

      Comment


      • #4
        gw ikut seneng bro.. pasti pengalaman berharga lo bisa bermanfaat buat kita semua.

        lo melakukan pengobatan, ato cukup mencoba maen rileks bro?
        mungkin langkah2nya bisa jadi ilmu & bisa kita kasi ke penderita focal distonia yang laen..
        ..searching my signature sound..

        Comment


        • #5
          @Google V: Saya juga awalnya ga ngira dan ga percaya tiba2 jari saya berubah baik dengan drastis. Saya ga tau pasti penyebabnya apa. Saya udah ga melakukan pengobatan ke praktisi kesehatan (karena memang FD belum ketemu obat pastinya). tapi jikalau saya flashback, mungkin beberapa faktor sederhana yang saya lakukan di bawah ini berperan penting:
          1. Saya olahraga teratur setiap hari, walaupun baru cuma sepeda statis dan sit-up 10 kali di rumah (dulu saya ga suka olahraga)
          2. Melakukan diet kecil, minum banyak air mineral
          3. Melakukan manajemen psikologis, saya mencoba untuk terus dalam kondisi senang dan mencoba sebisa mungkin mengurangi stress
          4. Bermain rileks tanpa ketegangan, tanpa memaksa jari untuk mengikuti kehendak saya (seperti yang saya bilang, bermain seperti mengikuti aliran air). Saya mencoba yang terbaik untuk tidak melawan FD. Karena semakin FD dilawan, maka akan semakin memperparah tangan kita. Sehingga saya 'mengikuti ke mana FD membawa saya'. Ini membuat saya main lebih baik daripada sebelum kena FD.
          5. Kembali bermain bass 4 senar daripada 6 senar, karena untuk saya, bass 6 senar milik saya membuat tangan lebih tegang. Sedangkan pada bass 4 senar, saya bisa main nyaman tanpa ketegangan.
          6. Untuk menghindari sensasi ketegangan (yang merupakan faktor utama FD), saya memetik bass dengan mengangkat sikut ke udara sehingga pergelangan jari kanan ga berdiam di sisi atas bass.
          7. Saya merasa bermain dengan cara yang berbeda dari sebelum saya kena FD, jadi saya sedang mendalami pendekatan berbeda dalam bermain bass, NAMUN dengan teknik bermain yang sama.
          Semoga informasi sederhana di atas bisa bermanfaat. Intinya kita harus lebih mengetahui dan peka atas kondisi diri sendiri, sehingga dapat menghargai signal dan keadaan dari diri kita sendiri.
          Hendy
          Keep Rockin'.

          www.facebook.com/muhammadhendyanggawijaya

          Comment


          • #6
            Salut kang Hendy !!!!

            Usul buat momod : thread ini di sticky buat referensi buat bassist lain ttg FD.
            ----------------------------------------------------------------------------------------
            Sick country : Taufik Kiemas jd Ketua MPR, tiket pesawat dimahalin saat musibah...damn.

            Fender, Clover, Status, Framus, Klotz, Sommer, EBS, Maxon, Jacques, Boss, MI Audio, Diamond & EHX
            Smooth FJB transaction with: seventhstring, insane, onti, rudy173
            100% eBay evaluation...
            GAS, Bass & Things : http://gasnbass.blogspot.com/

            Comment


            • #7
              saya setuju, kalo tangan mulai nyeri ato sakit saat latian/maen gitar/bas sebaiknya berhenti dulu.. karena rasa sakit itu sinyal yang diberikan oleh tubuh kita, bahwa tangan kita telah menyentuh batas kemampuannya..

              gw salut sm usaha lo bro, sampe pernah mo jadi bassis kidal segala. he..he.. ngga mau nyerah karena kecintaan yang besar terhadap musik, khsusnya
              instrumen bass.
              ..searching my signature sound..

              Comment


              • #8
                truly inspiring!! bang hendy bener2 berkontemplasi nih kemaren.. pasti banyak karya2 besar nih sekarang, sukses terus, cheers up!
                DICARI PEDAL!!

                Danelectro Chicken Salad Vibrato

                PM gw ya, atau sms 081931181284, thx

                Comment


                • #9
                  i'm happy to hear that
                  gw bantu doa bro..................
                  spector USA.....

                  mantab!!!!!!!!!!!!!!!

                  Comment


                  • #10
                    senang rasanya klo bro hendy udah mulai membaik / pulih
                    dari penyakit "FD"
                    mudah2xan bisa lekas / benar2 100% sembuh.
                    dan bisa mulai berkarya lagi.
                    wish u all the best bro!!
                    (^^,)

                    Comment


                    • #11
                      wah,mas hendy uda sembuh,d tunggu neh demo ny lagi yg baru.

                      Comment


                      • #12
                        Alhamdulillah...

                        Gratz bro
                        Gw bersyukur dianugerahi wajah yang average but cenderung ancur.

                        Current Arsenals:
                        -Ibanez GSR 205
                        -Yamaha F20B

                        Next Arsenals:
                        -Yamaha RBX4 A2
                        -Yamaha BB605

                        Comment


                        • #13
                          Congrats Hendy.. Alhamdulillah semua gettin better. Just go with da flow. Sing sabar, yo.. Get well soon
                          Don't judge the book by eat cover...artinya jangan menilai sebuah buku dengan memakan cover depannya
                          <Joker Juga Manusia.. >

                          Comment


                          • #14
                            Alhamdulillah... Slamat Hen, Smoga bisa lebih cepat Sembuh lagi. Keep on Rockn!
                            "Gaya is no. 1 Skill is No. 9999"
                            "Hidup my SOULMATE!!"
                            "Yg BAik itu belum tentu benar dan begitu jg sebaliknya"
                            "JAGALAH KEBERSIHAN"

                            Comment


                            • #15
                              Terima kasih kak atas info nya berguna banget buat saya,
                              saya doain agar cepet sembuh dan sukses buat kakak.

                              Comment

                              Working...
                              X